Meriahnya M-Teens School Competition 2016


MALANG – Siapa yang tidak tahu M-Teens School Competition? M-Teens School Competition adalah ajang bergengsi di kota Malang yang digunakan untuk menumbuhkan kekreatifan siswa-siswi yang notabene berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Acara ini diadakan oleh Malang Post dan didukung oleh Honda, Bank Indonesia, Polres Malang Kota, sekolah-sekolah SMP hingga SMA, serta Perguruan Tinggi yang ada di sekotar kota Malang. Acara ini telah diadakan semenjak 7 tahun silam dan dimulai semenjak tahun 2010. “Perbedaan M-Teens Competition tahun ini dan sebelumnya yang pertama adalah lokasinya, untuk tahun lalu ada di Aula SKODAM yang letaknya lebih strategis karena lebih dekat dengan sekolah-sekolah dan berada di pusat kota Malang,” ujar Sukiman, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pada tahun ini, M-Teen School Competition diadakan di Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang. M-Teens ke 7 ini mendapatkan perhatian dari sekolah-sekolah, baik sekolah negeri hingga sekolah swasta yang ada di Kota Malang dan sekitarnya. Sekolah yang mengikuti event ini antara lain SMA 10, SMAN 2 Pasuruan, SMAK ST. Albertus atau DEMPO, SMAK Frateran Malang, SMPK Mardiwiyata Malang, SMPK Kolese Santo Yusup 1 Malang, SMKN 3 Malang dan masih banyak sekolah-sekolah lainnya.
Peserta yang mengikuti lomba berasal dari kota Malang, Batu, Pasuruan, hingga Blitar. Setiap tahunnya jumlah peserta yang mengikuti event ini semakin bertambah sehingga membuat M-Teens Competition menjadi pusat untuk menyalurkan kreatifitas yang dimiliki oleh siswa-siswi baik SMP maupun SMA/SMK di kota Malang dan sekitarnya. Dengan diadakannya event ini, para peserta diharapkan untuk dapat menumbuhkan kekreatifan dalam bidang-bidang yang dikuasainya.
            Dalam M-Teens Competition ini diadakan 10 perlombaan yaitu Choir, Idol, Mading 3D, Band, Dance, Jurnalistik, Fotografi, Model, Stand Up, dan Rangking Satu. Perlombaan ini diadakan mulai hari Rabu (02/03) hingga Sabtu (05/03). Selain lomba-lomba tersebut Malang Post juga menghadirkan edufair yang diikuti oleh sekitar 20 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berada di sekitar kota Malang, yaitu Blitar, Gresik, hingga Kediri. Menurut Bapak Sukiman, Edufair ini difungsikan untuk membantu mengenalkan para siswa-siswi terutama kelas XII baik dari SMA/SMK/MA untuk menentukan perguruan tinggi dan memantapkan pilihan jurusan yang akan dipilihnya.
            Universitas yang ada di ajang ini adalah Universitas MaChung, Universitas Wisnuwardhana, Universitas Widyagama Malang, STIKES Gajayana, Universitas Widyagama Malang,STIE Malangkucecwara, UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Muhammadiyah (UMM) , Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), dan masih ada 14 universitas lagi yang ada di acara ini. Universitas-universitas ini menawarkan banyak sekali jurusan didalamnya mulau dari teknik mesin, teknik elektro, farmasi,kedokteran, psikologi, keguruan, hukum, dan masih banyak lagi. Pada hari Rabu (02/03), terlihat banyak sekali pengunjung yang mendatangi stand-stand universitas yang terletak di bagian luar Gedung Graha Cakrawala.
            Pada hari kedua yaitu Kamis (03/03) pukul 10:33 WIB event ini dilanjutkan untuk hari kedua dengan acara yang ada adalah Band, Ranking Satu, M-teens Honda Competition, M-teens Idol, dan Stand Up Comedy. Masih pagi namun gedung Graha Cakrawala telah dipenuhi oleh para peserta, orangtua serta bapak/ibu guru dari sekolah yang mengikuti event ini. Pagi ini akan dibuka dengan penampilan dari Band Competition yang diikuti oleh 33 band yang tidak hanya berasal dari kota Malang namun juga dari kabupaten dan kota Batu. Kemeriahan semakin terasa saat band pertama dimulai dan dilanjutkan oleh band-band selanjutnya. Para peserta menyanyikan 3 lagu dengan lagu wajib adalah jingle milik Honda yaitu One Heart. Bakat yang mereka perlihatkan pun mengesankan dengan berbagai genre baik dari lagu Indonesia maupun lagu barat. Dengan kriteria penilaian yaitu harmonisasi, vokal, dan musikalisasi.

#MSC16
#MSC2016
#M-Teens

Comments